Selasa, 29 Mei 2012

BATASAN ARTI FILSAFAT ISLAM

Berbicara tentang definisi dari filsafat Islam adalah sesuatu yang tidak mudah didefinisikan karena penamaan fisafat islam  menjadi ciri khas untuk dapat membedakan antara filsafat barat dan filsafat islam sendiri. Lantas kenapa dan apa filsafat islam sendiri dijadikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang berdiri sendiri ini.
 
Seperti yang kita ketahui bersama filsafat sebenarnya tidak bisa dibatasi oleh ilmu yang lain karena pada dasarnya filsafat sendirilah yang membatasi ilmu yang lain. namun filsafat harus bersifat bijak untuk membatasi dirinya sendiri. Mari kita telisik batasan arti filsafat Islam. sebagai upaya ikut menjelaskan status filsafat Islam sendiri.

Filsafat Islam adalah berfilsafat atau berfikir mendalam dan sistematis tentang sesuatu hal baik yang ada di dalam maupun yang di luar manusia, untuk mencoba menemukan hakikat dari apa yang di pikirkan tersebut supaya mengetahui substansinya, tentunya dengan menggunakan akal sebagai subjeknya. namun inti dari ke-filsafat-an nya itu dikerangkai oleh corak berfikir islami dimana berfilsafat jangan keluar dari koridor dasar agama islam yaitu meng Esa kan Allah Swt (tauhid).


Dalam filsafat Islam jika kita amati secara mendalam seolah olah para filosof muslim telah  mengislamkan filsafat, karena harus tunduk dan patuh pada aturan Islam atau ajaran pokok Islam (tauhid). Jika ada yang mengaku ngaku sebagai filosof muslim tapi mengabaikan ajaran pokok dari Islam sendiri maka  sesungguhnya telah keluar dari berfilsafat islami.

Filsafat Islam  penting untuk umat islam karena untuk mengukuhkan kebenaran Islam dan di jaman sekarangpun muslim banyak  di serang oleh doktrin doktrin yang dapat menjerumuskan umat Islam dari cara berfikir yang bebas tanpa batas yang  dilakukan oleh para filosof  barat yang mengabaikan tawhid.

Bagaimanapun juga inti dari pencarian kebenaran yang menggunakan akal penting bagi setiap muslim karena jika umat islam mengabaikan hal itu seolah-olah islam pincang tanpa berfilsafat. Jangan sampai filsafat dianggap lawan agama islam yang ujung ujungnya akan membuat paradigma yang keliru tentang filsafat islam. justru hemat saya filsafat dijadilan mitra bagi agama.

1 komentar: